꧋ꦩꦼꦩ꧀ꦧꦸꦫꦸꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦩꦼꦭꦭꦸꦮꦶꦱꦼꦏꦺꦴꦭꦃꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦠꦱ꧀ꦝꦤ꧀ꦆꦤ꧀ꦠꦺꦂꦤꦺꦠ꧀

 ꧋ꦩꦼꦩ꧀ꦧꦸꦫꦸꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦩꦼꦭꦭꦸꦮꦶꦱꦼꦏꦺꦴꦭꦃꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦠꦱ꧀ꦝꦤ꧀ꦆꦤ꧀ꦠꦺꦂꦤꦺꦠ꧀

꧋ꦧꦼꦭꦗꦂꦩꦼꦫꦸꦥꦏꦤ꧀ꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦱꦶꦥ꦳ꦠ꧀ꦄꦭꦩꦶꦩꦤꦸꦱꦶꦪ꧈ꦣꦶꦣꦱꦫꦶꦎꦭꦺꦃꦫꦱꦏꦺꦪꦶꦔꦶꦤ꧀ꦠꦲꦸꦮꦤ꧀ꦩꦺꦔꦺꦤꦻꦱꦼꦱꦸꦮꦠꦸ꧉ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦱꦼꦤ꧀ꦝꦶꦫꦶꦄꦣꦭꦃꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦩꦺꦏꦤꦶꦱ꧀ꦩꦼꦧꦼꦭꦗꦂꦪꦁꦠꦺꦂꦱꦶꦱ꧀ꦠꦺꦩꦠꦶꦱꦱꦶ꧉ꦥꦼꦩ꧀ꦧꦼꦭꦗꦫꦤ꧀ꦩꦼꦩ꧀ꦧꦮꦩꦸꦮꦠꦤ꧀‌ꦲꦱꦶꦭ꧀ꦝꦤ꧀ꦲꦫꦥꦤ꧀ꦪꦁꦧꦼꦫꦒꦩ꧀꧈ꦩꦼꦤꦸꦤ꧀ꦠꦸꦤ꧀ꦥꦣꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦥꦼꦫꦸꦧꦲꦤ꧀ꦒꦫꦶꦱ꧀ꦏꦼꦲꦶꦣꦸꦥꦤ꧀꧈ꦥꦼꦤꦶꦁꦏꦠꦤ꧀ꦄꦏꦤ꧀ꦏꦸꦮꦭꦶꦠꦱ꧀ꦱꦺꦱꦺꦪꦺꦴꦫꦁꦄꦒꦂꦩꦩ꧀ꦥꦸꦧꦼꦂꦣꦪꦣꦤ꧀ꦩꦤ꧀ꦝꦶꦫꦶ꧉ꦏꦺꦴꦤ꧀ꦱ꧀ꦠꦶꦠꦸꦱꦶꦩꦼꦤꦼꦒꦱ꧀ꦏꦤ꧀ꦧꦃꦮꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦄꦣꦭꦃꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦱꦼꦩꦸꦮ꧌ꦺꦣꦸꦕꦠꦶꦪꦺꦴꦤ꧀ꦥ꦳ꦺꦴꦂꦄꦭ꧀ꦭ꧀꧍꧉ꦤꦩꦸꦤ꧀ꦝꦭꦩ꧀ꦆꦩ꧀ꦥ꧀ꦭꦼꦩꦺꦤ꧀ꦠꦱꦶꦚꦄꦏ꧀ꦱꦺꦱꦶꦧꦶꦭꦶꦠꦱ꧀ꦱꦺꦱꦺꦪꦺꦴꦫꦁꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦩꦼꦤ꧀ꦝꦥꦠ꧀ꦏꦤ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦠꦼꦂꦒꦚ꧀ꦗꦭ꧀ꦝꦼꦔꦤ꧀ꦧꦼꦂꦧꦒꦻꦩꦺꦏꦤꦶꦱ꧀ꦩꦼꦪꦁꦄꦣ꧉ꦩꦼꦩꦠꦃꦏꦤ꧀ꦱꦼꦩꦔꦠ꧀ꦝꦤ꧀ꦲꦫꦥꦤ꧀ꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦧꦼꦭꦗꦂꦱꦼꦂꦠꦩꦺꦔꦺꦚꦩ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀꧈ꦕꦺꦴꦂꦥꦺꦴꦫꦠꦺꦱꦺꦴꦕꦶꦪꦭ꧀ꦫꦺꦱ꧀ꦥꦺꦴꦤ꧀ꦱꦶꦧꦶꦭꦶꦠꦶ꧌ꦕ꧀ꦱ꧀ꦂ꧍ꦄꦠꦻꦴꦠꦁꦒꦸꦁꦗꦮꦧ꧀ꦱꦺꦴꦱꦶꦪꦭ꧀ꦥꦼꦫꦸꦱꦲꦄꦤ꧀ꦩꦼꦫꦸꦥꦏꦤ꧀ꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦱꦭꦃꦱꦠꦸꦄꦭ꧀ꦠꦺꦂꦤꦠꦶꦥ꦳ꦺꦏꦼꦏꦸꦮꦠꦤ꧀ꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦩꦼꦔꦠꦱꦶꦚ꧉ꦏꦺꦴꦭꦧꦺꦴꦫꦱꦶꦄꦤ꧀ꦠꦫꦱꦼꦏꦺꦴꦭꦃꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦠꦱ꧀ꦩꦼꦤ꧀ꦒ꦳ꦱꦶꦭ꧀ꦏꦤ꧀ꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦥ꦳ꦱꦶꦭꦶꦠꦱꦶꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦝꦤ꧀ꦥꦼꦩ꧀ꦧꦼꦭꦗꦫꦤ꧀ꦧꦼꦫꦸꦥꦆꦤ꧀ꦠꦺꦂꦤꦺꦠ꧀꧈ꦥꦼꦤꦶꦏ꧀ꦩꦠ꧀ꦚꦠꦶꦣꦏ꧀ꦲꦚꦄꦤꦏ꧀ꦄꦤꦏ꧀ꦈꦱꦶꦪꦱꦼꦏꦺꦴꦭꦃꦤꦩꦸꦤ꧀ꦩꦱꦾꦫꦏꦠ꧀ꦝꦥꦠ꧀ꦝꦤ꧀ꦩꦺꦩꦁꦱꦼꦭꦪꦏ꧀ꦚꦠꦸꦫꦸꦠ꧀ꦧꦼꦭꦗꦂꦧꦼꦂꦱꦩ꧉ꦩꦼꦩ꧀ꦥꦼꦭꦗꦫꦶꦭꦶꦁꦏꦸꦔꦤ꧀ꦚꦣꦼꦔꦤ꧀ꦮꦮꦱꦤ꧀ꦭꦺꦴꦏꦭ꧀ꦝꦤ꧀ꦒ꧀ꦭꦺꦴꦧꦭ꧀꧈ꦆꦤ꧀ꦥ꦳ꦺꦴꦂꦩꦱꦶꦣꦤ꧀ꦥꦼꦔꦼꦠꦲꦸꦮꦤ꧀ꦱꦭꦃꦱꦠꦸꦚꦣꦥꦠ꧀ꦝꦶꦫꦩ꧀ꦧꦃꦣꦼꦔꦤ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸꦮꦤ꧀ꦆꦤ꧀ꦠꦺꦂꦤꦺꦠ꧀꧈ꦱꦼꦧꦒꦻꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦧꦼꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦆꦩ꧀ꦥ꧀ꦭꦼꦩꦺꦤ꧀ꦠꦱꦶꦥꦿꦺꦴꦒꦿꦩ꧀ꦏꦼꦒꦶꦪꦠꦤ꧀ꦕ꧀ꦱ꧀ꦂ꧉ꦧꦼꦂꦠꦺꦴꦭꦏ꧀ꦝꦫꦶꦧꦼꦂꦧꦒꦻꦩꦺꦴꦠꦶꦥ꦳꧀ꦪꦁꦩꦼꦭꦠꦂꦧꦼꦭꦏꦔꦶꦏꦼꦱꦼꦩꦸꦮꦚꦥꦿꦺꦴꦒꦿꦩ꧀ꦆꦠꦸꦣꦶꦭꦏꦸꦏꦤ꧀‌ꦱꦼꦠꦶꦣꦏ꧀ꦚꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦩꦼꦮꦸꦗꦸꦣ꧀ꦏꦤ꧀ꦥ꦳ꦱꦶꦭꦶꦠꦱꦶꦧꦼꦭꦗꦂꦩꦱꦾꦫꦏꦠ꧀꧈ꦩꦼꦩ꧀ꦧꦸꦏꦄꦏ꧀ꦱꦺꦱꦶꦧꦶꦭꦶꦠꦱ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦝꦤ꧀ꦥꦼꦩ꧀ꦧꦼꦭꦗꦫꦤ꧀ꦧꦒꦶꦩꦼꦉꦏꦪꦁꦧꦼꦂꦏꦼꦩꦻꦴꦮꦤ꧀ꦝꦼꦔꦤ꧀ꦱꦫꦤꦆꦤ꧀ꦠꦺꦂꦤꦺꦠ꧀꧈ꦥꦼꦩꦺꦫꦠꦄꦤ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦩꦼꦫꦸꦥꦏꦤ꧀ꦄꦒꦺꦤ꧀ꦝꦧꦼꦱꦂꦪꦁꦲꦫꦸꦱ꧀ꦱꦼꦒꦼꦫꦣꦶꦠꦸꦤ꧀ꦠꦱ꧀ꦏꦤ꧀꧈ꦥꦼꦭꦏ꧀ꦱꦤꦄꦤ꧀ꦚꦠꦶꦣꦏ꧀ꦲꦚꦩꦼꦚ꧀ꦗꦣꦶꦠꦁꦒꦸꦁꦗꦮꦧ꧀ꦤꦼꦒꦫꦄꦏꦤ꧀ꦠꦼꦠꦥꦶꦗꦸꦒꦩꦼꦭꦶꦧꦠ꧀ꦏꦤ꧀ꦥꦶꦲꦏ꧀ꦱ꧀ꦮꦱ꧀ꦠꦣꦤ꧀ꦩꦱꦾꦫꦏꦠ꧀ꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦩꦼꦚ꧀ꦗꦒꦄꦒꦂꦥꦿꦺꦴꦱꦺꦱ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦠꦼꦂꦗꦩꦶꦤ꧀ꦏꦼꦧꦼꦂꦭꦚ꧀ꦗꦸꦠꦤ꧀ꦚ꧉ꦄꦏ꧀ꦱꦺꦱ꧀ꦠꦼꦂꦲꦣꦥ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦠꦶꦣꦏ꧀ꦲꦚꦣꦶꦭꦶꦲꦠ꧀ꦝꦫꦶꦏꦼꦠꦼꦂꦱꦼꦣꦶꦪꦄꦤ꧀ꦱꦫꦤꦱꦗꦄꦏꦤ꧀ꦠꦼꦠꦥꦶꦗꦸꦒꦣꦶꦧꦸꦠꦸꦃꦏꦤ꧀ꦥꦿꦱꦫꦤꦥꦼꦤꦸꦚ꧀ꦗꦁꦣꦫꦶꦥꦼꦭꦏ꧀ꦱꦤꦄꦤ꧀ꦏꦼꦒꦶꦪꦠꦤ꧀ꦧꦼꦭꦗꦂꦪꦁꦠꦼꦂꦗꦣꦶ꧉ꦏꦼꦲꦣꦶꦫꦤ꧀ꦠꦺꦏ꧀ꦤꦺꦴꦭꦺꦴꦒꦶꦩꦼꦚ꧀ꦗꦣꦶꦏꦼꦧꦸꦠꦸꦲꦤ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦠꦶꦁꦧꦒꦶꦱꦼꦏꦺꦴꦭꦃꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦩꦼꦩ꧀ꦥꦼꦂꦩꦸꦣꦃꦥꦿꦺꦴꦱꦺꦱ꧀ꦥꦼꦩ꧀ꦧꦼꦭꦗꦫꦤ꧀꧈ꦥꦼꦫꦤ꧀ꦠꦺꦏ꧀ꦤꦺꦴꦭꦺꦴꦒꦶꦣꦶꦫꦱꦏꦤ꧀ꦝꦩ꧀ꦥꦏ꧀ꦚꦏꦼꦠꦶꦏꦱꦼꦏꦠ꧀ꦱꦼꦏꦠ꧀ꦪꦁꦱꦼꦭꦩꦆꦤꦶꦩꦼꦚ꧀ꦗꦣꦶꦥꦼꦤ꧀ꦒ꦳ꦭꦁꦩꦼꦚ꧀ꦗꦣꦶꦣꦥꦠ꧀ꦠꦼꦫꦠꦱꦶ꧈ꦠꦼꦫꦸꦠꦩꦈꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀ꦮꦶꦭꦪꦃꦮꦶꦭꦪꦃꦪꦁꦏꦼꦧꦼꦫꦣꦄꦤ꧀ꦚꦗꦻꦴꦃꦣꦫꦶꦥꦸꦱꦠ꧀ꦥꦸꦱꦠ꧀ꦥꦼꦂꦠꦸꦩ꧀ꦧꦸꦲꦤ꧀꧈ꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦏꦱꦶꦣꦤ꧀ꦥꦼꦂꦠꦸꦏꦫꦤ꧀ꦆꦤ꧀ꦥ꦳ꦺꦴꦂꦩꦱꦶꦩꦼꦚ꧀ꦗꦣꦶꦣꦶꦧꦸꦠꦸꦃꦏꦤ꧀ꦝꦭꦩ꧀ꦫꦁꦏꦥꦼꦔꦼꦩ꧀ꦧꦔꦤ꧀ꦥꦼꦤ꧀ꦝꦶꦣꦶꦏꦤ꧀ꦏꦼꦄꦫꦃꦪꦁꦊꦧꦶꦃꦧꦻꦏ꧀ꦄꦒꦂꦠꦶꦣꦏ꧀ꦠꦼꦂꦗꦣꦶꦏꦼꦱꦺꦚ꧀ꦗꦔꦤ꧀ꦝꦤ꧀ꦏꦺꦠꦶꦣꦏ꧀ꦩꦺꦫꦠꦄꦤ꧀ꦝꦶꦧꦼꦂꦧꦒꦻꦣꦌꦫꦃ꧉



MEMBURU PENDIDIKAN MELALUI SEKOLAH KOMUNITAS DAN INTERNET

Belajar merupakan sebuah sifat alami manusia, didasari oleh rasa keingintahuan mengenai sesuatu. Pendidikan sendiri adalah sebuah mekanisme belajar yang tersistematisasi.Pembelajaran membawa muatan, hasil dan harapan yang beragam. Menuntun pada sebuah perubahan garis kehidupan. Peningkatan akan kualitas seseorang agar mampu berdaya dan mandiri. Konstitusi menegaskan bahwa pendidikan adalah untuk semua (education for all). Namun dalam implementasinya aksesibilitas seseorang untuk mendapatkan pendidikan terganjal dengan berbagai mekanisme yang ada. Mematahkan semangat dan harapan untuk belajar serta mengenyam pendidikan. Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan sebuah salah satu alternatife kekuatan untuk mengatasinya. Kolaborasi antara sekolah komunitas menghasilkan sebuah fasilitasi pendidikan dan pembelajaran berupa internet. Penikmatnya tidak hanya anak-anak usia sekolah namun masyarakat dapat dan memang selayaknya turut belajar bersama. Mempelajari lingkungannya dengan wawasan lokal dan global. Informasi dan pengetahuan salah satunya dapat dirambah dengan bantuan internet. Sebagai sebuah bentuk implementasi program kegiatan CSR. Bertolak dari berbagai motif yang melatar belakangi kesemuanya program itu dilakukan, setidaknya untuk mewujudkan fasilitasi belajar masyarakat. Membuka aksesibilitas pendidikan dan pembelajaran bagi mereka yang berkemauan dengan sarana internet.Pemerataan pendidikan merupakan agenda besar yang harus segera dituntaskan. Pelaksanaannya tidak hanya menjadi tanggungjawab negara akan tetapi juga melibatkan pihak swasta dan masyarakat untuk menjaga agar proses pendidikan terjamin keberlanjutannya. Akses terhadap pendidikan tidak hanya dilihat dari ketersediaan sarana saja akan tetapi juga dibutuhkan prasarana penunjang dari pelaksanaan kegiatan belajar yang terjadi. Kehadiran teknologi menjadi kebutuhan penting bagi sekolah untuk mempermudah proses pembelajaran. Peran teknologi dirasakan dampaknya ketika sekat-sekat yang selama ini menjadi penghalang menjadi dapat teratasi, terutama untuk wilayah-wilayah yang keberadaannya jauh dari pusat-pusat pertumbuhan. Komunikasi dan pertukaran informasi menjadi dibutuhkan dalam rangka pengembangan pendidikan ke arah yang lebih baik agar tidak terjadi kesenjangan dan ketidakmerataan di berbagai daerah.

Posting Komentar

0 Komentar